-->
Pasang Iklan

Review dan Sinopsis Novel Bulan Jingga dalam Kepala M.Fadjroel Rachman

Spot Iklan 768x90 120x120 300x250 Tersedia, Hubungi Via Facebook

Jika hidup itu ibarat kopi, mungkin pahit rasanya. Tapi bukan berarti kita tidak bisa berfikir untuk membuat kopi itu menjadi manis untuk dinikmati. Carilah sesuatu yang bisa menjadikan hidup itu menjadi manis, bukankah soal rasa hanya masing-masing dari kita yang menciptakannya?

Selamat menikmati Hidup :-)




Judul Novel : Bulan Jingga dalam Kepala

Penulis : M.Fadjroel Rachman

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Genre : Fiksi, Sejarah

Terbit : 1 September 2007


ISBN : 979-22-2876-4

Dimensi Buku P x L : 13,5 x 20 cm

Jumlah Halaman : 421

Negara : Indonesia

Karakter : Surianata, Bulan Langit, Herndarman, Shinta Prameswari, Jenderal Suprawiro, Lesmana Abadi

Review : 
Sebelumnya Aktivis Pejuang Demokrasi ini dikenal sebagai penyair dengan karya seri Antologi puisi : Catatan Bawah Tanah 1993, Sejarah Lari Tergesa 2004 dan Dongeng untuk Poppy 2007, dan Novel Bulan Jingga dalam Kepala. Tidak jauh dari kehidupan dunia aktivis yang digelutinya, novel ini pun bercerita tentang rezim kekuasaan Orde Baru dan pasca keberhasilan gerakan mahasiswa dalam menurunkan sang diktator yang tak banyak mengubah keadaan. Apalagi dengan idealisme yang konsisten untuk terus menegakkan keadilan, membuat aktivis M.Fadjroel ditikam rasa kecewa karena reformasi yang telah diperjuangkan mahasiswa ternyata tak bisa mengantarkan Indonesia menjadi lebih baik sesuai cita-cita reformasi yang diharapkan.

Sinopsis :
Hari itu, Istana Merdeka diduduki seratusa ribu mahasiswa untuk menangkap seorang pemimpin dictator, Presiden Jenderal Suprawiro. Sang presiden tertembak mati dan digantung terbalik seperti pemimpin fasis Italia, Benito Mussolini. Puteri bungsu presiden, Bulan Pratiwi berumur 5 tahun tertembak juga secara tidak sengaja oleh sang tokoh mahasiswa, Surianata, ketika melindungi kekasihnya, Bunga Langit. Kematian Bulan Langit Pratiwi menjadi pemicu pertempuran dunia batin Surianata hingga detik terakhirnya.

Keterangan :
Novel yang berjudul Bulan Jingga dalam Kepala adalah karya asli M.Fadjroel Rachman. M.Fadjroel Rachman adalah Aktivis yang juga sebagai Sastrawan. Buku Bulan Jingga adalah karya ketujuh setelah karya nya 
 yang berjudul Antologi puisi Dongeng untuk Poppy, keluar sebagai Lima Besar Terbaik Khatulistiwa Literary Award 2007, dan dianugerahi 100 Puisi Indonesia Terbaik 2008


Pasang Iklan
b Comments